OLIMPIADE MIPA BERBASIS ANDROID DAN KOMPUTER TINGKAT SD-MI SE-KEC. WONGSOREJO DAN SEKITARNYA.
2020-02-22 | Oleh :
...

Olimpiade MIPA Berbasis Android dan Komputer merupakan Olimpiade yang memadukan teknologi dalam pengerjaan soal/olimpiade. Dalam Olimpiade ini, para peserta diharuskan membawa smartphone android untuk pengerjaan soal. Perangkat android ini nantinya harus dalam keadaan offline dan tersambung dengan jaringan intranet MTsN 12 Banyuwangi guna mengakses soal. Para peserta yang menghidupkan paket data akan terdeteksi di operator ujian.

Tujuan Olimpiade ini pada dasarnya adalah penanaman pada para siswa agar pemanfaatan Android/smartphone untuk hal-hal yang lebih positif, tidak melulu media sosial atau permainan. Kemudian untuk pembiasaan pada para siswa terkait pelaksanaan ujian-ujian ke depannya. “Kalian besok, beberapa tahun ke depan ujian tidak hanya menggunakan computer saja. Tapi juga menggunakan Hp. Karena sekarang sudah masuk di era digital. Semua terkoneksi dengan hp. Ini yang kemudian di sebut Revolusi Industri 4.0”, begitu salah satu cuplikan yang disampaikan bapak kepala madrasah, Moh. Untung,S.Pd.,M.Pd. dalam sambutan pembukaan acara tersebut.

Olimpiade MIPA berbasis CBT dan Android tingkat SD-MI se-kec. Wongsorejo dan sekitarnya dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Februari 2020 dengan diikuti oleh 138 peserta yang berasal dari 22 madrasah sekolah yang ada lingkungan Wongsorejo dan sekitarnya . Secara Umum, pelaksanaan Olimpiade MIPA berbasis Android dan Komputer Tingkat SD-MI se-Kec. Wongsorejo dan sekitarnya berjalan lancar. Terdapat sedikit kendala saat pelaksanaan, yaitu beberapa Hp peserta yang error. Namun, langsung digantikan laptop oleh pihak panitia. Hal ini memang sudah panita siapkan, yakni sebanyak 25 laptop dan 30 komputer PC untuk berjaga-jaga apabila terjadi yang error.

Olimpiade ini merupakan olimpiade pertama yang menerapkan konsep berbasis Android dan Komputer di wilayah kec. Wongsorejo. Panitia juga mengadakan survey evaluasi dan masukan secara online, baik dari peserta maupun guru pendamping. Beragam tanggapan positif diantaranya adalah sebanyak 73% dari responden sangat setuju olimpiade jenis seperti ini diadakan lagi tahun depan, sisanya setuju untuk diadakan lagi. Selain itu, beberapa komenter terkait pelaksanaan kegiatan ini antara lain:

“…semoga tahun depan diadakan lagi untuk mendukung perkembangan pendidikan di era 4.0”

“Agar ditingkatkan (tahun depan)”

 

Adapun daftar pemenang dan asal sekolah adalah sebagai berikut ;

  1. Juara 1 : AULIAWATI (SDN 1 WONOREJO)
  2. Juara 2 : IMRON ROSIDI (SDN 2 ALASREJO)
  3. Juara 3 : DANISA DWI FANI P. ( SDN 2 ALASREJO)
  4. Juara harapan 1 : GILANG SETYO ADI( SDN 1 WONOREJO)
  5. Juara harapan 2 : ANISA NURUL IZZA (SDN 2 WONOREJO)

 

Kami Ucapkan selamat kepada para pemenang, dan terus semangat kepada para pejuang yang bermental menjadi pemenang. Tidak juara tahun ini, mungkin akan juara di tahun depan.

Semoga di tahun depan bisa bertemu kembali, Insyaallah.