Laporan Kegiatan Selama WFH MTsN 12 Banyuwangi
2020-06-03 | Oleh :
...

Assalamu`alaikum wr.wb.

MTsN 12 BWI - Sejak tanggal 16 Maret 2020, sebagaimana kita ketahui bersama pemerintah mengeluarkan peraturan pembatasan sosial (Sosial Distancing) pada seluruh lembaga dan perkantoran/perusahaan yang ada di Indonesia. Salah satunya yang tak luput dari sasaran adalah lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan tak lain untuk mencegah penyebaran virus Corona atau pandemi Covid19 di tanah air. Maka dari itu, pembelajaran pun dengan terpaksa dilakukan secara daring dari rumah masing-masing, Work from home (WFH) and Learn from home (LFH).

                Sebagai sebuah pengantar, di Lingkungan KKM MTsN  12 Banyuwangi  sendiri  jauh-jauh hari  sudah melaksanakan sebuah kegiatan yang sangat penting terutama di era digital 4.0 seperti  saat ini. Yakni kegiatan “ WORKSHOP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA BAGI GURU SE-KKM  MTsN 12 BANYUWANGI”  dalam rangka GERAMM dan GEMI. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dan langsung diisi oleh bapak Dr. Zainul Arif dari Balai Diklat Surabaya . Berbekal dari kegiatan inilah, guru-guru se-KKM, terutama Guru MTsN 12 Banyuwangi lebih siap dalam menghadapi situasi WFH dan LFH saat pandemi seperti saat ini. Karena guru-guru sudah banyak dikenalkan dengan aplikasi-aplikasi pembelajaran dan dilatih langsung cara membuat aplikasi pembelajaran online.

Selain kegiatan pembelajaran, beberapa kegiatan terkait kedinasan dan agenda madrasah lain juga dilaksanakan secara daring/online. Adapun beberapa agenda / kegiatan madrasah selama Pandemi Covid19 adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran dan penilaian online. Meliputi penyampaian materi, buku-buku pembelajaran, penilaian harian , dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi.
  2. Absensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan online. Bagi tenaga pendidik absensi bisa diakses pada alamat : gg.gg/monitmtsn12-cvd19. Sedangkan tenaga kependidian : gg.gg/h066l.
  3. Ujian Akhir Madrasah (UAM) TA 2019-2020 kelas IX dilaksanakan secara online.
  4. Rapat panitia kegiatan dan kedinasan dilakukan secara online (via zoom).
  5. Setoran Kegiatan Ramadhan siswa di rumah secara online.
  6. Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 12 Banyuwangi TA 2020-2021 dilakukan secara online. ( alamat : gg.gg/ppdb2020-mtsn12 )
  7. Pemberkasan Calon Peserta Didik baru MTsN 12 Banyuwangi TA 2020-2021. (alamat : gg.gg/instrument_sisbar2020 )
  8. Pembagian Zakat Fitrah oleh beberapa dewan guru dan karyawan dibantu OSIM MTsN 12 Banyuwangi.
  9. Silaturrahmi dewan guru dan siswa-siswi MTsN 12 Banyuwangi secara online.
  10. Pengumuman Kelulusan Kelas IX secara online.
  11. Pelaksanaan UKK/PAT 2019-2020 dilaksanakan secara online melalui aplikasi/website elearning.mtsnegeri12banyuwangi.sch.id.
  12. Pengisian ARD semester genap TA 2019-2020 oleh dewan guru dilaksanakan secara online.
  13. Pengumuman kenaikan/penerimaan Raport kelas VII dan VIII secara online oleh wali kelas masing-masing.
  14. Setiap informasi/pengumuman terkait Madrasah kepada siswa dilakukan secara online melalui pesan berantai kepada pengurus kelas atau melalui media sosial MTsN 12 Banyuwangi.

 

Selama kegiatan WFH/LFH, secara umum dewan guru, karyawan dan terutama para siswa-siswi MTsN 12 Banyuwangi berjalan lancar. Beberapa kendala teknis terkait penyesuaian aplikasi di awal-awal pembelajaran biasanya sering terjadi. Namun, setiap dewan guru langsung bisa mengatasi dengan caranya masing.-masing.  Adapun untuk pembelajaran online bisa diikuti oleh kurang lebih 95% siswa-siswi MTsN 12 Banyuwangi. Meski beberapa siswa-siswi MTsN 12 Banyuwangi tidak memiliki Hp, biasanya mereka masih berusaha untuk pinjam pada saudara atau sanak familinya.

Namun demikian, mari kita senantiasa selalu berdo’a agar pandemi covid19 ini segera selesai dan bisa kembali beraktifitas dan belajar seperti biasa di madrasah tercinta. Amin…

Madrasah Hebat. Madrasah Bermartabat!!!

Wassalam