Sukses PKKM MTsN 12 Banyuwangi 2021
2021-10-08 | Oleh :
...

 

MTsN 12 Banyuwangi - Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Berdasarkan Juknis, terdapat 4 komponen yang masuk dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Empat komponen penilaian tersebut merupakan tugas utama kepala madrasah yang dinilai setiap tahunnya. Adapun keempat komponen tersebut meliputi :

  • Usaha pengembangan madrasah,
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan

Penilaian kinerja kepala madrasah MTsN 12 Banyuwangi dilaksanakan pada hari Jum'at, 08 Oktober 2021, bertempat di ruang kelas Excellent MTsN 12 Banyuwangi. Adapun yang ditunjuk sebagai pengawas adalah Bapak Drs. H. Abdurrachman, M.Pd. (Pengawas KKM Wil. Wongsorejo) dan, Drs. H. Juhdy, M.Pd. (Koor. Pokjawas Kemenag Banyuwangi). Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala MTsN 12 Banyuwangi , bapak H. Moh. Untung, S.Pd.,M.Pd, yang secara umum mengucapkan selamat datang kepada para pengawas serta berterima kasih kepada seluruh civitas akademik MTsN 12 Banyuwangi yang telah menyukseskan melengkapi administrasi PKKM.

 

Bapak Kepala TU MTsN 12 Banyuwangi , H. Bambang Sumitro, S.Sos, M.Pd. (Tengah)  dan tim panitia PKKM

Dilanjutkan dengan kata sambutan Bapak Pengawas yaitu Bapak Drs. H. Juhdy, M.Pd. beliau mengapresiasi dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah sini, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM. Saya yakin ini kerja keras dan upaya bahu-membahu dari semua teman-teman guru semua. semoga ini “ditingkatkan” lebih bagus lagi. Karena kalo “dikembangkan” sepertinya sudah tidak bisa toh, tanah sekitar kan belum dibeli to?”. Ucap beliau disertai humor, yang disambut pecah gelak tawa pecah dari para guru dan staf. Suasana yang awalnya tegang pun langsung cair seketika.

Sedangkan pengawas bapak Drs. H. Abdurrachman, M.Pd. lebih menekankan pada teknis penilaian dan pemeriksaan berkas, sembari santai juga bercanda dengan bahasa jawa. Suasana pun semakin santai dan tenang, sehingga saat penilaian pun lebih mantap dan tertata.

 

Ibu Ayu Yarnisah, S.Si.(depan) dan tim panitia PKKM MTsN 12 Banyuwangi

Sistem penilaian berupa sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik kemudian dilanjut do’a dan pemeriksaan berkas-berkas. Hasil dari penilaian ini nantinya semoga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi. Selain itu, para pengawas juga banyak memberikan bimbingan dan arahan-arahan untuk kebaikan madrasah. “Jadi guru yang normal saja, yang tidak penyakit “kudis”, kurang disiplin….” Bagitu salah satu isi closing statement dari bapak H. Abdurrachman, sambil tertawa.  

Akhiran, MTsN 12 Banyuwangi akan selalu berupaya lebih baik lagi baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Terutama dalam hal pelayanan terhadap peserta didik dimana mereka wajib mendapatkan proses pendidikan yang masksimal di lingkungan MTsN 12 Banyuwangi. (ihrm)