Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
2019-07-07 | Oleh :
...

``.....Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah. ..``

 Itulah penggalan do'a siswa-siswi di MTsN 12 Banyuwangi dibimbing oleh para guru setelah selesai melaksanakan sholat dhuha. Kegiatan sholat dhuha ini dilaksanakan setiap hari. Mulai pukul 06.15 sampai dengan 06.45 WIB. Dilanjutkan dengan kegiatan mengaji selama lima belas menit sebelum kegiatan belajar belajar dimula pada pukul 07.00 WIB.

Program kegiatan pembiasaan sholat dhuha ini mulai digagas, didukung dewan guru dan karyawan.serta komite sekolah pada tahun pelajaran baru 2019/2020. Hal ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan visi dan misi dengan salah satu tujuan sekolah yaitu membangun kepribadian siswa yang religius. Mengambil istilah "banyak jalan menuju roma" diartikan ''banyak jalan menuju religius." Sebelum program pembiasaan sholat dhuha dilaksanakan, berbagai program sekait itu telah direncanakan dan dilaksanakan. Diantaranya pembacaan surat-surat pendek sebelum belajar, sholat dzuhur berjamaa.

Hal pertama yang menjadi dasar pertimbangan menggagas program pembiasaan sholat dhuha berjamaah ini, dan kaitannya dengan melaksanakan visi misi sekolah yakni didukung motto yang diterapkan di sekolah. Motto tersebut adalah "Sekolahku adalah Surgaku".

 Banyak jalan terbentang untuk menjadikan siswa-siswi menjadi siswa yang religius. Banyak cara menuju surga. Sekolah tempat bertugas adalah salah satu ladang yang dapat dijadikan sarana untuk membuka pintu surga-Nya Allah. Dengan mengajak, mengarahkan dan membimbing siswa dalam melaksanakan sholat dhuha, saya yakin pahala akan terus mengalir. 

Apalagi jika para siswa beberapa tahun, sepuluh atau dua puluh tahun ke depan siswa masih terus membiasakan sholat dhuha, hal itu akan menjadikan amalan dan pahala yang tidak akan putus bagi yang telah mengajarkan dan mendidiknya. Hal itu yang selalu saya yakini sehingga program itu harus tetap dilaksanakan. Meskipun banyak hambatan dan tantangan yang selalu menghadang.

Pertimbangan lain adalah mengenalkan dan menerapkan pembiasaan kepada siswa-siswi untuk selalu melaksanakan sholat sunnah, khususnya sholat sunnah dhuha dengan bimbingan para guru wali kelas maupun guru mata pelajaran.