Profil MTs Negeri 12 Banyuwangi

Profil MTs Negeri 12 Banyuwangi

MTs NEGERI 12 BANYUWANGI
Didirikan : 1965
Akreditasi : A
Nomor Pokok Sekolah Nasional : 20581703
Kepala Sekolah : Moh. Untung, S.Pd.,M.Pd.
Moto : -

Sejarah

IDENTITAS MADRASAH

  1. Nama Madrasah               : Madrasah Tsanawiyah Negeri  Wongsorejo
  2. No. Statistik Madrasah     : 121135100012
  3. NPSN                                 : 20581703
  4. Status                                : Negeri
  5. Tahun didirikan                 : 1995
  6. Propinsi                             : Jawa Timur
  7. Desa/Kelurahan                : Sidodadi
  8. Kecamatan                        : Wongsorejo
  9. Kabupaten                         : Banyuwangi
  10. Kode Pos                            : 68422
  11. Telpon                               : ( 0333 ) 461141
  12. Luas Tanah                        : 5.675  M2
  13. Luas Bangunan                  :  1.620 M2
  14. Halaman                           : 3.000 M2
  15. Lain-Lain                           : 1.055 M2
  16. Kelompok Madrasah         : Induk Madrasah
  17. Rayon / Sub Rayon            : 34 / 60
  18. Akreditasi                          :  A

 

 

VISI MTs NEGERI 12 BANYUWANGI

      MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL, RELIGIUS, MANDIRI, BERWAWASAN IPTEK DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN”.

 

  1. Unggul: berdaya saing/unggul dalam bidang akademik maupun non akademik, baik ditingkat daerah maupun nasional
  2. Mandiri: memiliki sumber daya yang dikelola secara akuntabel, efektif dan efisien serta pendanaan secara mandiri yang bersumber dari pemerintah dan masyarakat serta donatur peduli pendidikan.
  3. Religius: warganya menghayati, memahami dan bersikap serta berperilaku berdasarkan nilai-nilai dan norma-norma agama yang diyakini sehingga terwujud kehidupan yang religius.
  4. Berwawasan IPTEK: pembelajaran berbasis pada standar nasional pendidikan dan berorientasi pada perkembangan IPTEK.
  5. Berbudaya Lingkungan : Mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola yang baik, untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

           MISI MTs NEGERI 12 BANYUWANGI

  1. Membangun madrasah yang religius dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan dan penanaman budi pekerti melalui kegiatan keagamaan
  2. Membangun madrasah yang unggul melalui pengembangan Kurikulum yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan
  3. Mewujudkan pelaksanaan  pembelajaran  Aktif,  Inovatif,  Kreatif,  Efektif,  dan Menyenangkan dengan pendekatan SCIENTIFIC dan berbasis IPTEK
  4. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik
  5. Meningkatkan sikap  kejujuran,  disiplin,  peduli,  santun,  percaya  diri,  dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
  6. Mewujudkan pembelajaran  dan  pengembangan  diri  yang  terintegrasi  dengan Pendidikan Lingkungan Hidup dan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba )
  7. Mewujudkan karakter  warga  sekolah  yang  berbudi  pekerti  luhur,  bersih  dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan
  8. Mewujudkan kondisi  lingkungan  sekolah  yang  bersih,  asri  dan  nyaman  untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
  9. Mengupayakan Pelestarian Lingkungan
  10. Mengupayakan Pencegahan Pencemaran Lingkungan
  11. Mengupayakan Pencegahan Kerusakan Lingkungan

           Sejarah Berdirinya MTs Negeri 12 Banyuwangi 

       Pada awalnya Madrasah ini didirikan dengan nama MTs Swasta Galekan berdiri sejak tahun 1965 diatas tanah hibah keluarga H. NURAINI, atas prakarsa tokoh-tokoh  agama Islam di  Sidodadi Wongsorejo  dimotori  yang mempunyai ide pertama kali  untuk mendirikan MTs adalah Bapak KH Kafrawi,  didukung tokoh tokoh Agama antara lain

  1. KH. Kafrawi
  2. H. Abdul Latif
  3. H. Suhdi
  4. H. Alwi
  5. H. Abdullah
  6. H. Abu bakar
  7. H. Badrus
  8. Dll.

       MTs Swasta Galekan  Wongsorejo pada Tahun ajaran 1986/1987 resmi menjadi Fillial MTsN Banyuwangi  dengan pimpinan Filial Bp. Sanusi Ali sampai 1991/1992 diganti oleh Bp. Hasan Basri hingga 1994/1995.

       Penegerian MTs Negeri Galekan ini pada tanggal  25 Nopember 1995. Dengan  SK Menteri Agama RI No. : 515A Th.1995,  pertama kali MTs Negeri ini menempati lokasi Jl. Raya Situbondo Desa Sidodadi Kec. Weongsorejo, dan sehubungan dengan KMA Nomor 673 Tahun 2016 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Ibitidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Timur maka MTs Negeri Wongsorejo Banyuwangi Berganti Nama Menjadi MTs Negeri 12 Banyuwangi.

      Adapun nama-nama Kepala Madrasah yang pernah memimpin di MTs Negeri 12 Banyuwangi adalah :

1. Bapak A. MAKKI                                         : Periode 1995 s/d 2004

2. Bapak Drs. KOMARUN                               : Periode 2004 s/d 2006

3. Bapak Drs. IMAM THURMUDHI                 : Periode 2006 s/d 2007

4. Bapak DALYONO,  SPd                              : Periode 2007 s/d 2010

5. Bapak Drs. SLAMET ROKHMAN                 Periode 2010  s/d 2014.

6. Bapak SUGENG MARYONO, SPd.MM      : Periode 2014 s/d 2019.

7. Moh. Untung, S.Pd.M.Pd                            : Periode 2019 s/d Sekarang

 

 

            TUJUAN MADRASAH

          Dengan berpedoman pada visi dan misi yang telah dirumuskan serta kondisi di madrasah  tujuan madrasah  yang ingin dicapai adalah  sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum Madrasah 
  1. Terwujudnya peserta didik yang meningkat pengetahuannya, keterampilannya, dan sikap yang sesuai dengan kompetensi inti 
  2. Terlaksananya proses   belajar   mengajar  dan bimbingan secara  aktif,  kreatif, efektif, inovatif dan  menyenangkan   dengan pendekatan saintifik atau yang lain untuk mencapai KI-1 spiritual, KI-2 sikap sosial, KI-3 pengetahuan, dan KI-4 keterampilan pada kelas VII, VIII dan IX
  3. Terlaksananya kegiatan pengembangan diri dalam bidang  seni sehingga memiliki tim kesenian yang siap pakai, baik tingkat Madrasah, Kecamatan maupun Kabupaten.
  4. Terciptanya lingkungan Madrasah yang bersih, disiplin dan religius
  5. Memiliki jumlah guru yang mencukupi dan memadai
  6. Meningkatkan kwalitas / mutu akademik dan non-akademik
  7. Mengembangkan Kurikulum Berbasis Lingkungan
  1. Tujuan Khusus Madrasah
  1. Mengembangkan KTSP dengan dilengkapi Silabus tiap mata pelajaran, Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Sistem Penilaian.
  2. Meningkatkankan hasil Ujian Nasional dengan rata-rata 65,00
  3. Meningkatkan angka prosentase siswa yang diterima di MAN atau SMAN/SMKN
  4. Meningkatkan kemampuan berbicara aktif maupun pasif dalam bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  5. Mengembangkan kemampuan dalam bidang Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer)
  6. Menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM)
  7. Meningkatkan pengetahuan siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang berjiwa ajaran agama Islam yang diimplementasikan melalui shalat berjamaah, diskusi keagamaan, khitobah dan seni Islami.
  8. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dalam lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya yang dijiwai ajaran agama Islam melalui kegiatan bakti sosial dan Studi Kenal Lingkungan.
  9. Mengembangkan Kurikululm dengan dilengkapi Silabus tiap mata pelajaran, Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa dan Sistem Penilaian.
  10. Mengembangkan program-program pengembangan diri
  11. Mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelatihan peningkatan profesionalisme.
  12. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan pembelajaran  serta sarana penunjang berupa laboratorium IPA, laboratorium Komputer, tempat ibadah, kebun madrasah,  tempat parkir, kantin madrasah, lapangan olahraga, dan kamar ganti pakaian / WC madrasah dengan mengedepankan skala prioritas.
  13. Melaksanakan Manajemen Berbasis Madrasah dan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah secara demokratis, akuntabel, dan terbuka.
  14. Menggalang pembiayaan pendididikan secara adil dan demokratis dan memanfaatkan secara terencana serta dipertanggungjawabkan secara jujur, transparan, dan memenuhi akuntabilitas publik.
  15. Mengoptimalkan pelaksanaan penilaian autentik secara berkelanjutan
  16. Mengoptimalkan pelaksanaan program remedi dan pengayaan
  17. Membekali komunitas madrasah agar dapat mengimplementasikan ajaran agama melalui kegiatan shalat berjamaah, baca tulis Alquran, hafalan Surat-surat Pendek / Al-Qur’an dan pengajian keagamaan.
  18. Membentuk kelompok kegiatan bidang Ekstrakurikuler yang bertaraf lokal, regional maupun nasional.
  19. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan Olimpiade (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan AKSIOMA tingkat Kabupaten atau jenjang berikutnya (Provinsi dan Nasional).
  20. Memiliki tim olah raga yang dapat bersaing pada tingkat kabupaten atau jenjang berikutnya (Provinsi dan Nasional).
  21. Memiliki Gudep Pramuka yang dapat berperan serta secara aktif dalam Jambore Daerah, serta even kepramukaan lainnya.
  22. Menanamkan sikap santun, berbudi pekerti luhur dan berbudaya, budaya hidup sehat, cinta kebersihan, cinta kelestarian lingkungan dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.